My Profile

Rabu, 07 Maret 2012

Amplifier Klas A


Salah satu kerugian dari Amplifier klas A adalah, bahwa selalu terdapat/mengalir arus DC pada pin kolektor. Oleh karna itu dissipasi tenaga transistor tinggi, walaupun sedang tidak ada sinyal masuk yang akan diperkuat. Salah satu contoh Amplifier klas A adalah seperti gambar dibawah ini:
Kinerja Amplifier klas A tunggal ini hanya kira-kira 50%, selain itu mempunyai harmonis yang mengakibatkan cacat (distorsi) sampai 5%, distorsi tersebut disebabkan karena bagian nonlinier arus kolektor akan bertambah menurut bertambahnya arus basis pada bagian non-linier itu juga. Untuk penguatan tenaga yang cukup besar maka distorsi itu cukup jelas terdengar.
Amplifier Klas A Push-Pull (Balance)
Untuk memperoleh daya yang lebih besar dari klas A maka dapat di terapakan menggunakan sistem Push-Pull (Balance). Dengan menggunakan sistem ini mempunyai beberapa keuntungan, misalnya:
1. Dapat menghilankan distorsi
2. Dapat menghasilkan Output yang lebih besar
3. Dapat menghilangkan efek jenuh DC pada tranformator
Contoh rangkaian klas A Push-Pull (Balance) seperti di perlihatkan pada skematik gambar dibawah ini:
Dalam rangkaian tersebut sinyal input yang masuk kemasing - masing penguat itu sama besarnya dan berbeda fasa. Transformer yang di gunakan juga khusus untuk penguat Push-Pull, yaitu gulungan primernya terdiri dari dua bagian atas dan bawah yang keduanya mempunyai impedansi yang sama (tansformator center-tap). Gulungan sekundernya yang akan dihubungkan ke sepeker sama dengan transformer OT biasa.

Ditulis Oleh : Endy Djubu | Artikel | Amplifier Klas A


Artikel Amplifier Klas A ini diposting oleh Endy Djubu pada hari Rabu, 07 Maret 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda yang telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, Kritik dan saran nya, silahkan tulis di kotak Komentar di bawah ini, dan jangan lupa di like/suka ya.... Salam hangat dari saya 3nf1try.blogspot.com
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

HACKING

Terbaru >>

Top Post >>

 

S E R V I C E ' s aLL ShArE Copyright © 2010 Endy_Djubu is Designed by 3nfitry