My Profile

Sabtu, 17 Maret 2012

Hilangnya Hati Nurani


Salah satu sifat utama Rasululah SAW yang patut diteladani kaum Muslimin, terutama oleh para pemimpin, adalah sifat rendah hati (tawadhu) yang termanifestasikan dalam kecintaannya yang luar biasa kepada orang-orang lemah, fakir miskin, anak-anak yatim, janda-janda tua, dan para hamba sahaya.

Beliau sering terlihat berkumpul bersama mereka, menghiburnya, berempati, dan memecahkan serta memberikan solusi pada setiap persoalan yang mereka hadapi. Penderitaan kamu Muslimin juga dirasakan Rasulullah sebagai penderitaannya. Firman Allah (QS 9: 128): Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri.

Berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. Rasulullah SAW, sang pemimpin yang rendah hati, sering menyatakan kepada para sahabatnya, ''Jika kalian ingin mencari aku, carilah di tengah-tengah orang miskin. Mereka semua adalah penyebab datangnya rezeki dan pertolongan dari Allah SWT.''

Kita semua sangat prihatin dengan jumlah orang miskin di negara kita yang terus bertambah, baik secara kuantitas maupun kualitas. Hampir setiap hari kita membaca di media cetak maupun elektronik, orang-orang miskin yang bersedih dan menangis tersedu-sedu karena rumah tempat tinggalnya hancur berantakan, baik karena musibah kebakaran, musibah banjir dan longsor, maupun karena penggusuran.

Mereka seolah-olah kehilangan harapan hidup dan merasa menjadi warga negara yang dimusuhi dan diasingkan pemimpinnya. Di samping itu, anak-anak usia sekolah yang tidak bisa meneruskan sekolah ternyata semakin hari bertambah banyak jumlahnya. Demikian pula angka pengangguran.

Pada sisi yang lain, bertolak belakang dengan hal tersebut, pada setiap pemilihan kepada daerah, kita sering mendengar berita bahwa ratusan juta bahkan miliaran rupiah dihambur-hamburkan dan dibagikan kepada para anggota legislatif agar memberikan suara dukungannya. Juga dibangunnya proyek-proyek mercusuar (yang tidak secara langsung dibutuhkan oleh masyarakat banyak) dengan biaya miliaran rupiah.

Ironi ini terjadi karena hilangnya suara hati nurani dari sebagian pemimpin dan wakil rakyat kita. Mereka lebih asyik memikirkan dirinya dan kelompoknya ketimbang rakyat banyak. Mereka tega menghancurkan masa depan masyarakat yang sama artinya dengan menghancurkan masa depan bangsa, walaupun ucapan dan kata-katanya seolah-olah mencerminkan keberpihakan.

Mempelajari keberhasilan kepemimpinan Rasulullah SAW yang salah satu inti utamanya rendah hati dan cinta pada orang-orang miskin, maka hal ini pulalah yang harus menjadi perhatian utama dari para pemimpin bangsa dan negara saat ini. Jika tidak, maka keterpurukan akan semakin dahsyat terjadi menimpa masyarakat dan bangsa kita. Kita berharap, hari ini dan ke depan, tidak ada lagi air mata rakyat yang mengalir karena merasa dizalimi. Wallahu a'lam.

Sumber : Republika Online

Ditulis Oleh : Endy Djubu | Artikel | Hilangnya Hati Nurani


Artikel Hilangnya Hati Nurani ini diposting oleh Endy Djubu pada hari Sabtu, 17 Maret 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda yang telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, Kritik dan saran nya, silahkan tulis di kotak Komentar di bawah ini, dan jangan lupa di like/suka ya.... Salam hangat dari saya 3nf1try.blogspot.com
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

HACKING

Terbaru >>

Top Post >>

Blog Archieve >>

 

S E R V I C E ' s aLL ShArE Copyright © 2010 Endy_Djubu is Designed by 3nfitry